Apa itu Shared Hosting?

Apa itu Shared Hosting? – Ketika tiba saatnya untuk memilih tempat meng-host situs web Anda, Anda akan memiliki banyak pilihan. Selain memutuskan perusahaan mana yang akan di-host, Anda juga harus memutuskan paket hosting apa yang paling cocok untuk Anda. Shared Hosting adalah salah satu opsi hosting paling populer bagi mereka yang membangun situs web pertama mereka. Tapi, apa yang dibagikan hosting, dan apakah masuk akal untuk situs web Anda?

Defini Shared Hosting

Shared Hosting memungkinkan banyak situs web untuk menggunakan satu server. Biasanya, Anda tidak akan tahu dengan siapa atau situs web mana Anda berbagi sumber daya dengan server. Setiap pelanggan biasanya akan memiliki batasan jumlah total sumber daya server yang dapat mereka gunakan, tetapi ini akan ditentukan oleh paket hosting Anda. slot online indonesia

Shared Hosting adalah pilihan termurah dan paling ekonomis untuk kebutuhan Anda. Namun, harga yang murah disertai dengan batasan, yang akan kita dapatkan . Karena sebagian besar perusahaan hosting akan menawarkan jumlah ruang dan penyimpanan yang sama, penting untuk memilih perusahaan yang dapat Anda percayai.

Apa yang Harus Dipertimbangkan

Banyak host web yang dibagikan menawarkan transfer dan penyimpanan data bulanan tanpa batas, sehingga faktor-faktor lain dapat membantu Anda memutuskan layanan mana yang terbaik untuk bisnis Anda. Perhatikan, bagaimanapun, bahwa Anda akan bergantung pada apa pun yang tidak terbatas, pastikan untuk membaca cetakan kecil untuk memastikan bahwa tidak ada gotcha. Pastikan definisi Anda tidak terbatas sesuai dengan layanan hosting.

Lalu ada pertanyaan OS. Apakah Anda memerlukan server Windows? Server Linux? Yang terbaik untuk berkeliling. Ketika datang ke sistem operasi server, Linux biasanya merupakan opsi default. Namun, beberapa layanan menawarkan pilihan hosting Linux atau Windows. Jika Anda memiliki aplikasi sisi server tertentu yang memerlukan Windows, seperti SQL Server atau aplikasi khusus yang ditulis dengan .NET, maka Anda harus memastikan bahwa host web Anda memiliki Windows hosting. Tapi jangan biarkan ide host Linux mengintimidasi Anda. Kebanyakan web host saat ini menawarkan antarmuka grafis atau panel kontrol untuk menyederhanakan administrasi server dan manajemen situs web. Alih-alih mengetik di baris perintah, Anda akan mengklik ikon yang mudah diidentifikasi.

Ada beberapa spesifikasi yang mungkin tidak Anda temukan saat menjelajahi situs web host. Misalnya, banyak web host tidak mencantumkan jumlah RAM yang ditawarkan oleh paket hosting bersama mereka. Dalam hal ini, Anda dapat dengan aman berasumsi bahwa total RAM kurang dari 1GB. Beberapa layanan hosting web menawarkan paket bersama premium yang menawarkan RAM 1GB atau sedikit lebih. Jika ingin kinerja yang dapat diandalkan di bawah tekanan tanpa menghabiskan ratusan dolar per bulan, lihat hosting virtual private server (VPS). Mendaftar untuk paket VPS akan memberi situs web Anda sumber daya komputer dalam jumlah besar. Anda juga akan menginginkan host web dengan dukungan pelanggan 24/7 yang responsif. Forum, basis pengetahuan, dan tutorial adalah alat yang berguna. Di sisi lain, jika Anda ingin membuat perusahaan hosting web Anda sendiri, tetapi tanpa frustrasi terkait, periksa hosting reseller.

Untuk para Blogger

Bentuk alternatif dari Shared Hosting adalah hosting WordPress. Opsi ini untuk orang-orang yang ingin membangun situs mereka di belakang sistem manajemen konten WordPress (CMS) WordPress yang populer, tetapi tidak ingin repot dengan banyak hal backend (seperti memperbarui aplikasi dan CMS, dan mengaktifkan backup otomatis). Rencana WordPress yang dikelola biasanya memiliki fitur keamanan yang dirancang untuk melindungi CMS dari yang lebih baik. Beberapa web host menawarkan WordPress yang dikelola sebagai salah satu dari banyak paket hosting mereka. Yang lain berspesialisasi dalam hosting WordPress dan tidak menawarkan paket hosting tambahan.

Jangan Lupa Uptime

Semua fitur tersebut sangat berharga untuk pengalaman web hosting, tetapi tidak ada yang cocok dengan pentingnya uptime situs. Jika situs Anda sedang down, klien atau pelanggan tidak akan dapat menemukan Anda atau mengakses produk atau layanan Anda. Baru-baru ini, telah menambahkan pemantauan uptime yang lebih formal ke proses peninjauan, dan hasilnya menunjukkan bahwa sebagian besar host web melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk menjaga dan menjalankan situs Anda. Sekalipun semuanya benar, situs dengan masalah waktu aktif tidak memenuhi syarat untuk skor teratas. Semua layanan mengalami pasang surut, kadang-kadang karena alasan di luar kendali mereka. Situs-situs yang gagal mengatasi masalah tersebut akan dihukum.

Keuntungan dari Shared Hosting

  • Sejauh ini opsi hosting termurah yang akan Anda miliki. Harga biasa untuk gaya hosting ini akan berkisar dari $ 2,99 – $ 9,99.
  • Sebagian besar perusahaan hosting memiliki beberapa tingkat hosting yang tersedia, sehingga Anda dapat memutakhirkan paket hosting Anda dengan waktu. Ini menjadikan shared hosting tempat yang bagus untuk memulai.
  • Shared Hosting biasanya dilengkapi dengan built-in cPanel, yang membuatnya mudah untuk mengelola situs Anda.
  • Tidak ada pemeliharaan teknis yang perlu dilakukan pada server Anda, karena ini biasanya termasuk dalam bagian dari paket hosting Anda.

Sederhananya, shared hosting dapat menjadi pilihan bagus untuk pemilik situs web dengan anggaran kecil, atau mereka yang baru memulai online. Anda selalu dapat meningkatkan ke paket hosting lain dengan waktu, sesuai anggaran Anda, sehingga Anda tidak terjebak dengan tingkat hosting ini selamanya.

Kerugian dari Shared Hosting

Shared Hosting terdengar cukup bagus: terjangkau, memiliki waktu aktif yang padat, dan mudah dikelola. Tapi, memang ada kekurangannya.

  • Waktu buka bisa jauh lebih lambat daripada dedicated server.
  • Server dapat menjadi terbebani oleh situs lain yang berbagi server.
  • Ketika situs Anda mulai menerima tingkat lalu lintas yang lebih tinggi, Anda akan mulai memperhatikan bahwa situs Anda mungkin mulai berkinerja lebih buruk.
  • Anda tidak pernah tahu siapa tetangga Anda. Meskipun jarang, ada kemungkinan situs lain di server untuk mengambil risiko ke situs Anda sendiri.
  • Tidak ada opsi penyesuaian untuk benar-benar mendapatkan tingkat kinerja tertinggi dari situs web Anda.

Bagi kebanyakan orang yang baru memulai online, keuntungan dari shared hosting akan jauh lebih besar daripada kerugiannya, terutama jika Anda mencoba untuk membangun dan menjalankan situs secepat mungkin dan memiliki sedikit keterampilan teknologi. Penting juga untuk dicatat bahwa host web yang bertanggung jawab akan memberi tahu Anda ketika lalu lintas Anda mencapai tingkat yang sudah saatnya ditingkatkan, dan akan memantau dan mematikan semua situs yang berisiko bagi orang lain di server.

Alternatif untuk Shared Hosting

Tidak ada alternatif khusus untuk paket Shared Hosting. Ada peningkatan, tetapi tidak ada alternatif yang semurah shared hosting. Alternatif untuk shared hosting termasuk hosting khusus WordPress, menjalankan server VPS, dan opsi hosting khusus lainnya. Semua ini akan berakhir dengan biaya lebih dari rencana Shared Hosting dasar, tetapi mereka akan memberi Anda tingkat penyesuaian dan kinerja yang lebih besar. Shared Hosting adalah pilihan yang bagus untuk pengguna situs web pemula yang situsnya tidak menerima banyak lalu lintas. Ingat, Anda selalu dapat meningkatkan atau mengubah lingkungan hosting dengan waktu.