Yang Perlu Anda Ketahui Tentang VPS

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang VPS

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang VPS – VPS adalah kependekan dari Virtual Private Server. Hosting VPS adalah salah satu layanan hosting paling populer yang dapat Anda pilih untuk situs web Anda. Ini menggunakan teknologi virtualisasi untuk memberi Anda sumber daya (pribadi) khusus pada server dengan banyak pengguna. Ini adalah solusi yang lebih aman dan stabil daripada shared hosting di mana Anda tidak mendapatkan ruang server khusus. Namun, ini berskala lebih kecil dan lebih murah daripada menyewa seluruh server.

Virtual Private Server Hosting biasanya dipilih oleh pemilik situs web yang memiliki lalu lintas tingkat menengah yang melebihi batas rencana shared hosting tetapi masih tidak membutuhkan sumber daya dari dedicated server. Solusi Virtual Private Server biasanya menawarkan lebih dari satu paket hosting. Misalnya, di Hostinger, memiliki enam paket VPS yang sesuai dengan kebutuhan bisnis yang berbeda dan memungkinkan Anda mengukur situs Anda secara mulus saat Anda membutuhkan lebih banyak sumber daya. idn slot online

Bagaimana cara kerja Virtual Private Server hosting?

Server adalah komputer tempat host web Anda menyimpan file dan database yang diperlukan untuk situs web Anda. Setiap kali pengunjung online ingin mengakses situs web Anda, browser mereka mengirimkan permintaan ke server Anda dan itu mentransfer file yang diperlukan melalui internet. Virtual Private Server hosting menyediakan Anda dengan server virtual yang mensimulasikan server fisik, namun pada kenyataannya, mesin dibagi di antara beberapa pengguna. Menggunakan teknologi virtualisasi, penyedia hosting Anda memasang lapisan virtual di atas operating system (OS) server. Lapisan ini membagi server menjadi partisi dan memungkinkan setiap pengguna untuk menginstal OS dan perangkat lunak mereka sendiri.

Oleh karena itu, Virtual Private Server (VPS) adalah virtual dan pribadi karena Anda memiliki kontrol penuh. Ini dipisahkan dari pengguna server lain di level OS. Faktanya, teknologi Virtual Private Server mirip dengan membuat partisi di komputer Anda sendiri ketika Anda ingin menjalankan lebih dari satu OS (mis. Windows dan Linux) tanpa reboot. Menjalankan VPS memungkinkan Anda mengatur situs web Anda dalam wadah yang aman dengan sumber daya yang dijamin (memori, ruang disk, inti CPU, dll.) Yang tidak harus Anda bagikan dengan pengguna lain. Dengan hosting VPS, Anda memiliki akses tingkat root yang sama seolah-olah Anda memiliki server khusus, tetapi dengan biaya yang jauh lebih rendah.

Berapa Biaya VPS Hosting?

Sebagai hasil dari sifat VPS hosting hybrid, biayanya tidak cukup rendah seperti biaya shared hosting, tetapi hampir tidak setinggi biaya dedicated host. Anda dapat membayar antara $20 per bulan dan $100 per bulan, tergantung pada konfigurasi. Shared web hosting, di sisi lain, adalah hosting yang sangat murah; Anda dapat mengatur toko dengan harga kurang dari $10 per bulan. Dedicated Web hosting biasanya akan membuat Anda mengembalikan $ 100 per bulan atau lebih. Kebanyakan host VPS hanya menawarkan server yang menjalankan sistem operasi berbasis Linux; Anda harus menggali sedikit untuk menemukan Virtual Private Server hosting berbasis Windows. Ini penting untuk dicatat jika Anda berencana menjalankan perangkat lunak yang membutuhkan lingkungan yang kompatibel dengan Microsoft. Yang mengatakan, Virtual Private Server hosting berbasis Linux akan menghemat beberapa dolar; Server Linux biasanya berharga $10 hingga $20 lebih murah dari server Windows.

Jika Anda meng-host-nya di lingkungan VPS, situs Anda tidak akan membagikan sumber daya dengan situs tetangga, seperti halnya dengan shared hosting. Faktanya, situs Anda tinggal di area server yang dipartisi yang memiliki sistem operasi, penyimpanan, RAM, dan batas transfer data bulanan sendiri, sehingga Anda dapat mengharapkan kinerja situs yang lebih lancar dan lebih stabil. Situs yang Anda bagikan server Anda jauh lebih kecil kemungkinannya untuk memengaruhi situs Anda atau bahkan menghapusnya sama sekali dibandingkan dengan yang ada di shared site. Mengetahui bagaimana pengaturan Virtual Private Server beroperasi hanyalah langkah pertama. Anda masih perlu membiasakan diri dengan fitur-fitur penting yang dibutuhkan untuk membangun situs web yang di-host dengan Virtual Private Server.

Pro dan kontra Virtual Private Server

Virtual Private Server Hosting bisa menjadi solusi ideal untuk Anda jika itu layanan yang benar-benar Anda butuhkan. Di bawah ini, Anda dapat membaca pro dan kontra menjalankan server pribadi virtual.

Pro

  • Ini lebih cepat dan lebih dapat diandalkan daripada Shared Hosting Server.
  • Karena sumber daya server seperti memori atau daya pemrosesan dijamin, maka tidak ada fluktuasi minimum ke sumber daya yang tersedia.
  • Masalah dan lonjakan lalu lintas dari pengguna server lain tidak memengaruhi situs Anda.
  • Anda mendapatkan akses superuser (root) ke server Anda.
  • Anda memiliki privasi yang lebih baik, karena file dan basis data Anda dikunci dari pengguna server lain.
  • Ini layanan skala yang mudah. Seiring pertumbuhan situs web Anda, Anda dapat dengan mudah meningkatkan sumber daya server Anda (RAM, CPU, ruang disk, bandwidth, dll.).

Kontra

  • Ini lebih mahal daripada Shared Hosting Sever.
  • Dibutuhkan lebih banyak pengetahuan teknis untuk mengelola server Anda.
  • Server yang dikonfigurasi dengan tidak benar dapat menyebabkan kerentanan keamanan.
Yang Perlu Anda Ketahui Tentang VPS

Kapan menggunakan VPS dan bagaimana memutuskan sudah saatnya untuk meningkatkan?

Virtual Private Server Hosting biasanya dilihat sebagai langkah berikutnya setelah situs web Anda tumbuh dari batas sumber daya hosting bersama. Jika paket shared hosting yang paling canggih tidak cukup lagi untuk menjalankan situs web Anda dengan lancar, layak untuk ditingkatkan ke paket VPS. Dalam kasus seperti itu, hosting VPS dapat memberi Anda yang terbaik dari dua dunia: shared hosting dan dedicated hosting.

Namun, ada kasus penggunaan lain ketika itu bisa menjadi ide yang baik untuk memulai dengan rencana VPS sejak awal. Misalnya, situs web eCommerce di mana Anda perlu memastikan pembayaran yang aman dengan lingkungan yang cepat dan stabil dapat mendapat banyak manfaat dari Virtual Private Server. Bahkan, jika Anda menyimpan segala jenis data sensitif atau harus memproses pembayaran online, VPS dapat membantu Anda mengurangi risiko pelanggaran keamanan dan pencurian identitas. Jika Anda mengharapkan lonjakan lalu lintas pada waktu-waktu tertentu di situs Anda, misalnya, dalam kasus situs web perencanaan acara atau penjualan tiket, paket hosting VPS dapat menjadi anugerah juga. Server game dan situs-situs berat sumber daya lainnya juga berjalan dengan kinerja yang jauh lebih baik di Virtual Private Server.

Apa itu Managed VPS?

Salah satu perangkap terbesar Virtual Private Server hosting adalah harus mengelola seluruh lingkungan server Anda sendiri. Jika server virtual Anda tidak dikonfigurasi dan dirawat dengan baik, Anda mungkin menghadapi risiko keamanan yang serius dan kehilangan kinerja. Layanan Virtual Private Server hosting yang dikelola telah muncul di pasaran sebagai solusi untuk masalah ini. Anda dapat menganggapnya sebagai alternatif peningkatan hosting VPS, yang dilengkapi dengan dukungan teknis penuh. VPS yang dikelola masih merupakan hal baru di pasaran, namun semakin banyak penyedia hosting yang menawarkannya kepada pelanggan mereka. Misalnya, di Hostinger, bertujuan untuk menyediakan lingkungan hosting yang sepenuhnya dikelola dengan semua paket hosting cloud. Hostinger menyiapkan dan menjalankan server Anda sesuai dengan kebutuhan Anda, menangani waktu aktif dan pemantauan server, mengurus backup dan caching, dan menyediakan dukungan khusus 24/7 untuk semua pelanggan VPS terkelola.